Sabtu, 12 Mei 2012

PEMBUATAN MATA BOR UNTUK PENGEBORAN SUMUR


Pengeboran sumur rumahan atau sumur bor sawahan skala kecil biasanya menggunakan mata seperti pada gambar di bawah ini. Penggerak pengeboran menggunakan tenaga manusia dengan jumlah 3 orangan. Pada mata bor di atas menggunakan 2 jenis sambungan pipa yaitu: 
1. Sambungan pipa jenis cor 
2. Sambungan pipa jenis bubutan 

Sambungan pipa jenis cor terbuat dari bahan cor, dengan memiliki kelebihan cepat dalam pembuatan sehingga harganya murah, tetapi mudah sekali patah / pecah pada saat digunakan sehingga pengebor mengalami kerugian, diantaranya pipa tertinggal di dalam lubang pengeboran.

Sambungan pipa jenis bubutan memiliki kelebihan lebih kuat karena menggunakan bahan as ST 40, dibuat dengan proses pengeboran dan penguliran pada mesin bubut, walaupun harganya 5x lebih mahal tetapi pengebor lebih akan dari kondisi pipa tertinggal, yang apabila terjadi dapat mengalami kerugian yang besar.

Adapun mata bor dibuat dari bahan pipa di mana pipa didrat sney dengan ukuran 11 thread/inchi dan plat dibentuk sedemikian rupa seperti pada gambar di atas, kemudian dilakukan pengelasan. Mata bor tergantung dari kondisi tahan yang dibor, bisa menggunakan mata bor tunggal, ganda, tiga maupun empat.

Info pemesanan: Khoiri -- 081946527838

Tidak ada komentar: