Jumat, 30 Desember 2011

PEMBELAJARAN ALAM PADA KITA

-->
KESAKSIAN SUNITA WILLIAMS: MEKAH DAN MADINAH TAMPAK TERANG DARI LUAR ANGKASA

Ketika bagian bumi lainnya nampak gelap, ternyata ada sebagian kecil bumi yang nampak terang yaitu Mekah dan Madinah. Sunita William, seorang astronaut pertama India yang pada tanggal 2 Juli 2007 berada di angkasa luar, mengatakan bahwa dari atas seluruh permukaan bumi diselimuti kegelapan, namun betapa terkejutnya ketika dengan bantuan teleskop ada 2 tempat yang sangat berbeda, yaitu Mekah dan Madinah. Kedua tempat itu nampak terang dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya dibelahan bumi. Masa Allah, Allah Maha Besar.

Keterangan: sebelah kiri adalah kota Madinah dan kanan adalah kota Mekah, Saudi Arabia

Selain itu, fenomena lain yang ditangkapnya adalah ketika gelombang suara dari bumi tidak mampu merambah luar angkasa, dia ternyata bisa menangkap suara Adzan. Apakah ini suatu keanehan, atau merupakan suatu jalan dari Allah untuk menunjukkan sisi-sisi kebenaran kepada sang Astronout?. Dikhabarkan setelah peristiwa ini, Sunita Williams secara spontan memeluk agama Islam. Allahu Akbar, bila khabar ini adalah suatu kebenaran.Sunita Williams sendiri adalah seorang astronot kelahiran Ohio tanggal 19 September 1965 dari orang tua berketurunan India-Slovenia. Menikah dengan Michael J. William, seorang Polisi Federal di Oregon, USA. Sebagai astronot pertama India, dia memegang rekor perjalanan luar angkasa untuk wanita : berada diluar angkasa terlama (195 hari), dan berjalan diluar angkasa (29 jam, 17 menit). Kapan wanita Indonesia bisa seperti ini?.Salam.
Sumber : Kompasiana.com


-->

Misteri Ka’bah (Kesaksian Neil Amstrong)

Neil Amstrong telah membuktikan bahwa kota Mekkah adalah pusat dari planet Bumi. Fakta ini telah di diteliti melalui sebuah penelitian ilmiah.
Ketika Neil Amstrong untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa dan mengambil gambar planet Bumi, dia berkata, “Planet Bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya ?”

Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi mengeluarkan semacam radiasi, secara resmi mereka mengumumkannya di internet. Tetapi sayangnya, 21 hari kemudian website tersebut tidak dapat ditemukan ketika kita melakukan pencarian melalui mesin pencari situs website. Itu artinya website tersebut telah dihapus dan sepertinya ada alasan tersembunyi dibalik penghapusan website tersebut.
Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata radiasi tersebut berpusat di kota Mekkah, tepatnya berasal dari Ka’bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite (tidak berujung). Hal ini terbukti ketika para peneliti tersebut mengambil foto Planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus. Para peneliti Muslim mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’bah di Planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.
Di tengah-tengah kutub utara dan kutub selatan, terdapat suatu area yang disebut sebagai ‘Zero Magnetism Area‘. Artinya, apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik antara kedua kutub sama besarnya.
Itulah alasannya, jika seseorang tinggal di Mekkah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, sebab ia tidak terkena banyak pengaruh kekuatan gravitasi. Karena itu, ketika kita mengelilingi Ka’bah, maka diri kita seakan-akan di-recharged oleh suatu energi misterius. Hal ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.
Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan bisa mengambang di air -berbeda dengan batu lainnya yang umumnya tenggelam di air. Di sebuah museum di Inggris, ada tiga buah potongan dari batu Hajar Aswad. Pihak museum mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.
Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW bersabda : “Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya berwarna hitam”.
Ada juga sebuah kabar yang mengatakan bahwa Neil Amstrong mendengar sayup-sayup suara aneh ketika menancapkan bendera negaranya di Bulan. Diduga suara tersebut adalah suara kumandang adzan. Ia terheran-heran, bagaimana bisa suara seperti itu bisa sampai ke Bulan yang nota bene memiliki jarak cukup jauh dari Bumi.
Entah, ia dapat menemukan jawaban atas pertanyaannya itu atau tidak. Beberapa waktu kemudian, dikabarkan pula bahwa ia kemudian memeluk agama Islam karena pengalaman anehnya itu. Wallahu’alam
Sumber : Kompasiana.com

Dari dua tulisan di atas dapatlah kita renungkan bahwa ilmu yang dimiliki manusia  tiada artinya dibandingkan dengan ILMU ALLAH, SWT.



Rabu, 21 Desember 2011

DOKUMENTASI MGMP TEKNIK MESIN KAB. NGAWI

Foto bareng setelah kegiatan MGMP Teknik Mesin selesai

Logo MGMP Teknik Mesin yang dipakai sebagai tanda keberadaan forum ini

Produk yang dihasilkan: 

1. Review KTSP

2. Soal Teori Kejuruan

3. Presentasi Powerpoint



Kamis, 15 Desember 2011

WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONAL GURU TEKNIK MESIN

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2011, bertempat di SMK Negeri 1 Geneng. Karena kesamaan materi yang disampaikan maka dijadikan satu, yaitu Peserta MGMP Teknik Mesin dan MGMP Teknik Otomotif.

Pada sambutan pertama yang diwakili Ketua MGMP Teknik Otomotif, disampaikan harapan ke depannya, antara lain:
  • MGMP Produktif sebagai wadah belajar guru dalam rangka peningkatan pembelajaran 
  • Sebagai pusat pengembangan kurikulum 
  • Pengembangan perangkat pembelajaran 
  • Diharapkan ada dukungan dari dinas pendidikan dan kebudayaan Kab. Ngawi, walaupun Bapak Kepala Dinas tidak hadir langsung karena ada rapat mendadak
  • Kegiatan MGMP yang dinahkodai oleh P4TK (VEDC) malang tetap berlanjut ke depannya 
Sambutan kedua oleh: Bapak Umar perwakilan dari P4TK Malang:

Pentingnya MGMP Produktif dikarenakan:
  • Mulai 2013 akan ada evaluasi kinerja guru bagi seluruh guru yang ber NUPTK 
  • Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan oleh sekolah 
  • Dari sisi P4TK untuk pengembangan kompetensi guru, yang kompeten akan dilakukan uji kompetensi sedangkan yang tidak kompeten akan dilakukan diklat
,..... bersambung

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)




PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi Guru yang dilaksanakan sesuai   dengan kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.
·         PKB merupakan pembaruan secara sadar akan pengetahuan dan peningkatan kompetensi guru sepanjang kehidupan kerjanya.
·         PKB dilaksanakan dalam upaya mewujudkan guru yang profesional, bermatabat dan sejahtera; sehingga guru dapat berpartisifasi aktif untuk membentuk insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian
·         PKB dilakukan terus menerus

TUJUAN UMUM PKB

PKB bagi guru memiliki tujuan umum untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

TUJUAN KHUSUS PKB

  1. Memfasiltasi guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan.
  2. Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
  3. Memotivasi guru agar memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
  4. Mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan bangga kepada penyandang profesi guru.

MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB



Macam  PKB
Jenis Kegiatan
1
Pengembangan Diri
a)      Diklat fungsional
b)      Kegiatan kolektif guru
2
Publikasi Ilmiah
a)      Presentasi pada forum ilmiah
b)      Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal
c)       Publikasi buku pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru
3
Karya Inovatif
a)      Menemukan teknologi tepat guna
b)      Menemukan/menciptakan karya seni
c)       Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
d)      Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman,  soal dan sejenisnya

PENILAIAN KINERJA GURU (Teacher Performance Appraisal)



Semangat Permenegpan dan RB No.16/2009 
  • Peraturan baru yang terdiri dari 13 Bab dan 47 pasal, secara keseluruhan mengandung semangat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang selanjutnya akan menjadikan guru sebagai pekerjaan profesional yang dibingkai oleh kaidah-kaidah profesi yang standar.
  •  Peraturan ini terbit dalam rangka memberi ruang dan mendukung pelaksanaan tugas dan peran guru agar menjadi guru yang professional.
  •  Perubahan peraturan ini diharapkan berimplikasi terhadap peningkatan mutu, kreatifitas dan tentu saja kinerja guru.

Perubahan Mendasar yang Terkandung Dalam Permenegpan dan RB No.16/2009  

  • Penilaian Kinerja Guru yang sebelumnya lebih bersifat administratif menjadi lebih berorientasi praktis, kuantitatif, dan kualitatif, sehingga diharapkan para guru akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya. 
  • Guru mempunyai empat jabatan fungsional (Guru Pertama,  Guru Muda, Guru Madya, Guru Utama) 
  • Guru dinilai kinerjanya secara teratur (setiap tahun) melalui Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) 
  • Guru wajib mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) setiap tahun 
  • PKB harus dilaksanakan sejak III/a dengan melakukan pengembangan diri, dan sejak III/b guru wajib melakukan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif 
  • Untuk naik dari IV/c ke IV/d guru wajib melakukan presentasi ilmiah 
  • Perolehan angka kredit dari PKG dan PKB merupakan satu paket
  •  Perlu konversi hasil PKG dan PKB ke angka kredit 
  • Perolehan angka kredit setiap tahun  ditetapkan oleh Tim Penilai 
  • Penghargaan angka kredit adalah 125% (amat baik), 100% (baik), 75% (cukup), 50% (sedang), dan 25%(kurang) 
  • Penghargaan angka kredit adalah 125% (amat baik), 100% (baik), 75% (cukup), 50% (sedang), dan 25%(kurang) 
  • Jumlah angka kredit diperoleh dari:Unsur utama (Pendidikan, PK Guru, PKB) ≥ 90%
  •  Unsur penunjang ≤10%

PERBEDAAN UTAMA KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI ANTARA PERATURAN LAMA DENGAN YANG BARU


Peraturan lama
Peraturan baru
1
Dasar Hukum
Kepmenpan nomor : 84/1993 tanggal 24 Desember 1993 tentang:  Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Kepmenegpan dan  Reformasi Birokrasi  Nomor 16 tahun 2009 tertanggal  10 Nopember 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
2
Kegiatan yang dinilai
A. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan
1.Pendidikan dan Pelatihan
2. Proses Belajar Mengajar
3. Pengembangan Profesi
4. Penunjang
A. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan
  1. Pendidikan dan Pelatihan pendidikan formal dan fungsional
  2. Proses Belajar Mengajar
  3. Pengembangan Keprofesian     Berkelanjutan (PKB)
  4. Penunjang (10%)
3
Macam Pengembangan Profesi Guru
  1. Karya Tulis Ilmiah
  2. Teknologi Tepatguna
  3. Alat Peraga
  4. Karya Seni
  5. Pengembangan Kurikulum
  1. Pengembangan Diri
  2. Publikasi Ilmiah
  3. Karya Inovatif

Kamis, 08 Desember 2011

RPP BERKARAKTER 2011/2012

Ini adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diterapkan di Teknik Pemesinan. Kenapa ditampilkan di blog, dikarenakan sebagai sarana sharing untuk guru-guru pemesinan dalam memajukan pendidikan SMK khususnya pemesinan. disamping itu, merupakan sarana penyimpanan data, sehingga apabila data di laptop/PC rusak atau hilang atau kena virus dapat mengunduh lagi. semoga karya kecil ini dapat memberikan manfaat, dimohon kritik dan sarannya!!!!

NORMATIF (N)
  • Pendidikan Agama 
  • Pendidikan Kewarganegaraan 
  • Bahasa Indonesia 
  • Penjasorkes
  • Seni Budaya
ADAPTIF (A)

1. Bahasa Inggris
2. Matematika
3. Ilmu Pengetahuan Alam
4. Fisika

  • RPP FISIKA KLS XII.pdf

5. Kimia
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. KKPI
8. Kewirausahaan
PRODUKTIF
Semoga Bermanfaat